Upgrade prosesor laptop Acer 4315

Ada beberapa tipe laptop yang prosesornya bersocket, tidak disolder ke main board, sehingga secara fisik bisa diganti. Tetapi bagaimana dg konfigurasi pin, dukungan chipset dan dukungan firmware (ROM BIOS)? Yang akan dipaparkan berikut adalah beberapa langkah untuk mengupgrade prosesor laptop Acer 4315 sesuai dg pengalaman sy.

Ini dituangkan dalam bentuk tulisan, dengan semangat berbagi, bagi yg punya laptop sejenis (i.e. yang ada kemungkinan utk diupgrade prosesornya) agar dapat mengambil intisarinya. Saya sudah melakukan upgrade ini dan berhasil. Laptop yang tadinya terasa mulai melambat, menjadi normal dan mudah-mudahan masih bisa dipakai lagi dengan layak untuk beberapa tahun mendatang. Skor kalkulasi prosesor lama menurut Windows 7 adalah 4,3 dg upgrade, naik sedikit menjadi 4,9 pada Win7 64bit. Yg lebih penting lagi adalah prosesor upgrade memiliki dual core, dg demikian respon terasa lebih cepat.

Acer 4315 memiliki  prosesor bersoket mPGA479M, yg menurut referensi bs saja disebut sebagai soket P atau soket  M. Secara fisik sama, belakangan sy ketahui kalo elektrik nya boleh jadi tidak sama. Dg kata lain, tergantung chipset yg dipakai oleh laptop itu, mendukung yg mana. Untuk mengetahui (lebih tepatnya “memperkirakan”) konfigurasi dalam laptop tanpa membuka casing, bs dipakai software CPUID (CPU-Z). Namun utk lebih pastinya, lebih baik laptop dibuka saja.

Setelah dipastikan, upgrade ROM BIOS dg versi paling baru. Utk Acer 4315, cari di situs Eropa dan versi paling baru (saat tulisan ini diketik) adalah versi 1.16 bertahun 2008. Unduh softwarenya (biasanya utk update ROM BIOS software yg disediakan berbasis DOS/Windows) dan jalankan.  Ketika menjalankan upgrade ROM BIOS ini perlu dipastikan, agar laptop tidak mati di tengah jalan ketika sedang menulis (flash) BIOS.  Software upgrade ROM BIOS mungkin memeriksa, dg melihat apakah baterei terpasang dg minimal charging sekian persen dan kondisi laptop tercolok ke listrik PLN.

Setelah selesai upgrade ROM BIOS, giliran upgrade prosesornya. Cari prosesor yg kompatibel.  Menurut link di bawah ini, chipset laptop sy adalah GL960 yg hanya mendukung soket P dan tersedia beberapa pilihan. Utk mencari prosesor yg kompatibel ini, mulailah berburu. Bs prosesor bekas, bs baru. Sy dapet bekas T5550 yg speknya Core 2 Duo T5550, Clock 1833 MHz, 2048K L2Cache, FSB 667. Spek ini lebih tinggi (bukan dari soal kecepatan clock) dari prosesor lama yaitu Celeron M 560, 2133, 1024, 533. Core 2 Duo T5550 dual core dg L2 cache yg lebih besar, sementara Celeron M560 cuma single core. Jadi, saya dapat berharap adanya kenaikan kinerja prosesor, setelah upgrade, walaupun kecepatan clock prosesor upgrade lebih rendah.

Sesuai dg instruksi di video yg ada di link di atas, lepas baterei laptop, kemudian lepas prosesor dari socketnya. Siapkan gris (pasta utk transfer panas dari prosesor ke heatsink) secukupnya. Bersihkan prosesor upgrade dari kotoran, pasang di socketnya. Jangan terbalik! Perhatikan tanda segitiga kecil di ujung siku prosesor harus berposisi sama dg yg di socket. Aplikasikan gris seukuran biji beras, ke kotak tengah prosesor upgrade. Pasang kembali heatsink.

Bila lancar, laptop akan booting seperti biasa dan Windows 7 akan mendeteksi adanya perangkat keras baru, lalu melakukan instalasi driver yg sesuai. Reboot. Mulailah memantau temperatur prosesor. Bs pake software speedfan. Temperatur normal adalah sekitar 50 derajat Celcius (lebih-kurang). Khawatirlah bila lebih dari 70. Mungkin gris tidak bekerja dg baik atau penyekrupan kembali heatsink kurang kuat, sehingga heatsink kurang ketat menempel. Anyway, tidak ada salahnya untuk memasang kipas tambahan sebagai dudukan laptop.

Selamat mengupgrade prosesor laptop!

Advertisements
Posted in others, Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: